Selain memperkenalkan skutik bergaya retro, Yamaha juga memamerkan
skutik injeksi pertamanya untuk pasar motor Indonesia, yakni Yamaha Mio
J.
Mio J siap dilepas ke pasaran pada Februari, dengan target
penjualan 25 ribu unit per bulan, sebagai permulaan untuk mencapai
target sebenarnya di angka 50 ribu unit per bulan.
Skutik yang
memiliki tagline 'Semakin Cepat Semakin Irit It's Magic' merupakan
komitmen Yamaha untuk ikut masuk ke era injeksi. Pabrikan berlambang
garpu tala ini sengaja memilih Mio, karena dikenal sebagai skutik yang
sudah melegenda di pasar motor tanah air.
Hal itulah yang membuat
Mio J menjadi motor matik pertama Yamaha, yang sistem pengabutan
mesinnya sudah menggunakan sistem Fuel Injection (FI) terbaru atau
disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).
Mio J sudah
memiliki teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston pada mesinnya.
Dengan perpaduan tersebut, Yamaha mengklaim kalau motor ini mampu
menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM lebih irit 30 persen,
dengan kelincahan sesuai reputasi Mio.
"Dengan teknologi Yamaha
Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Mio mengalami perubahan performa.
Dimana motor ini menjadi semakin cepat namun irit bahan bakar. Itu
berkat Diasil Cylinder dan Forged Piston," kata
Manager Technical Support Yamaha Motor Indonesia, Muhammad Abidin di Bandung, Kamis 26 Januari 2012.
Mio
J menggendong mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan
berkapasitas 113 cc yang digendong Mio J. Mesin tersebut mampu
menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi
puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Selain memiliki performa
yang cukup baik, Mio J sangat ringan (bobot 92 kg) dan minim getaran.
"Kita lakukan tes, konsumsi bahan bakar Mio J bisa mencapai 52 kilometer
per liter. Bahkan, 70 kilometer per liter dengan kecepatan rata pada
30-40 kilometer/jam," ungkap Abidin. Bila benar, ini jauh lebih irit
dari Mio versi karburator yang hanya 45,6 kilometer per liter.
Mio
J juga dilengkapi fitur-fitur unggulan lainnya, seperti tempat duduk
yang luas dan lebih panjang, lampu sein depan yang tajam seperti
pandangan mata, speedometer baru dan bagasi luas hingga pilihan lima
warna mulai dari putih yang menjadi tren warna terkini di dunia otomotif
hingga hitam, biru dan merah.
Yamaha
Mio J diharapkan dapat membantu mendongkrak penjualan Yamaha di
Indonesia, pada tahun ini. Bahkan, Yamaha telah memang target 3,7 juta
unit penjualan di tahun 2012. Dimana 50 persennya adalah Mio berbagai
series, termasuk generasi terbaru Mio, Fino dan Mio J.
No comments:
Post a Comment